Pembukaan Diklat Kepemimpinan TK. III Angkatan XIX bertempat di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya


19 Agustus 2019, 38 Hits

Pelaksanaan Diklat Kepemimpinan TK. III ini mengacu pada UU No. 5 Tahun 2104 tentang Aparatur Sipil Negara, peraturan pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN, peraturan pemerintah No. 13 Tahun 2002 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktual dan peraturan Kepala LAN-RI No. 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggara Diklat Kepemimpinan TK. III.

            Tahapan Pembelajaran dan mata diklat terdiri dari :

  1. Tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi;
  2. Tahap Membangun komitmen Bersama;
  3. Tahap Merancang Perubahan dan Membangun tim;
  4. Tahap Laboratorium Kepemimpinan dan;
  5. Tahap Evaluasi.                                                       

Tujuan dari pelaksanaan diklat kepemimpinan Tk. III yaitu  Terwujudnya PNS yang profesional dan handal sebagai pelayan masyarakat.

Jumlah Peserta 40 orang, dari OPD Kab/Kota di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh. Waktu Pelaksanaan yaitu dari tanggal 20 Mei s.d. 13 Sept  2019. Secara detail setiap tahapan akan disampaikan pada saat sesi khusus Overview kebijakan diklat.

Metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan cukup variatif seperti pembekalan materi, diskusi, pemutaran film pendek, coaching, counseling, visitasi, simulasi, studi kasus dan benchmarking yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari para narasumber, pejabat struktual dan widyaiswara yang kompeten. Khusus kegiatan Benchmarking ke Best Pratice, para peserta akan melakukan kunjungan ke lokus terpilih sebagai Best Pratice, sehingga peserta dapat mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi. Pada program pembelajaran diklatpim TK. III ini, komitmen dan keterlibatan atasan langsung peserta sangat dibutuhkan khususnya dalam merancang dan mengimplementasikan proyek perubahan.

Pembiayan yang timbul dari pelaksanaan diklatpim tingkat III angakatan XIX ini dibebankan kepada APBD Provsu/Kabupaten kota pengirim peserta, dengan pola kontribusi dari pemerintah provinsi, Kab/Kota Pengirim Peserta Diklat.

Penilaian terhadap kelulusan peserta diklatpim tingkat III angkatan XIX di fokuskan pada aspek proyek perubahan, terdiri atas perencanaan inovasi dan manajemen perubahan. Untuk menjamin objektivitas dan penilaian akan dilakukan tim fasilitor dan penyelenggara.