Pembukaan Diklat Calon/Kepala Sekolah SMA tahun 2017


Posted 28 Sep 2017 , 861 Hits, Berita

UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTIM PENDIDIKAN NASIONAL DINYATAKAN BAHWA PENDIDIKAN NASIONAL BERTUJUAN UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK AGAR MENJADI MANUSIA BERIMAN DAN BERTAKWA  KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERAKHLAK MULIA, SEHAT, BERILMU, CAKAP, KREATIF, MANDIRI, DAN MENJADI WARGA NEGARA YANG DEMOKRATIS SERTA BERTANGGUNG JAWAB.

KEPALA SEKOLAH BERTUGAS MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, MENGONTROL, DAN MELAKUKAN PERBAIKAN BERKELANJUTAN SEBAGAIMANA REALISASI PERUBAHAN KURIKULUM 2013 YANG MEMBUTUHKAN PERHATIAN KEPALA SEKOLAH SECARA SUNGGUH-SUNGGUH KARENA PERAN KEPALA SEKOLAH MENJADI SALAH SATU FAKTOR UTAMA KEBERHASILAN TUGAS DAN FUNGSI KEPALA /CALON KEPALA SEKOLAH YANG BEGITU KOMPLEKS UNTUK HAL ITU DALAM PELATIHAN INI DIHARAPKAN PENGUATAN KOMPETENSI MAUPUN STANDAR KEPALA /CALON KEPALA SEKOLAH PERLU MENDAPAT PERHATIAN YANG LEBIH INTENSIF DALAM MENDUKUNG KUALITAS PENDIDIKAN DAN MUTU SEKOLAH.

DALAM PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL ( PERMENDIKNAS) NOMOR 28 TAHUN 2010 TENTANG PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH MERUPAKAN BENTUK PENGENDALIAN STANDAR PROFESI KEPALA SEKOLAH. HAL INI DIDASARKAN PADA ISINYA YANG MEMBERIKAN ACUAN DALAM HAL PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH, PROSES PENGANGKATAN KEPALA SEKOLAH, MASA TUGAS, PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB), PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH, DAN MUTASI, SERTA PEMBERHENTIAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPALA / CALON KEPALA SEKOLAH. BERTUJUAN UNTUK MEMILIH DAN MELATIH GURU-GURU YANG MEMILIKI PENGALAMAN DAN POTENSI TERBAIK UNTUK MENDAPATKAN TUGAS SEBAGAI KEPALA SEKOLAH. MELIPUTI (1) PENGUSULAN GURU SEBAGAI CALON KEPALA SEKOLAH; (2) SELEKSI ADMINISTRATIF; (3) DAN SELEKSI AKADEMIK, OLEH KARENA ITU PENDIDIKAN MEMILIKI PERANAN PENTING DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN KEMAJUAN BANGSA DAN NEGARA DENGAN PENDIDIKAN FORMAL TIDAK SEBATAS MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN KEPADA TIAP INDIVIDU UNTUK DAPAT BEKERJA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN EKONOMI YANG BAIK BAGI MASYARAKAT. PENDIDIKAN JUGA MENANAMKAN TATA NILAI YANG SERBA LUHUR ATAU AKHLAK MULIA, NORMA-NORMA, CITA-CITA, TINGKAH LAKU DAN ASPIRASI, SELALU BERKAITAN, BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG, DENGAN KEPENTINGAN PEMBANGUNAN BANGSA KHUSUSNYA.



Posted by Admin